Inspirasi Tahun Baru dari Tingkah Lucu Satwa




Tahun baru tiba. Standar Prosedur Operasional (SOP) nya di kebanyakan blog adalah melihat ulang, membuat revolusi resolusi, dan menuliskannya. 

Writer's block datang.  Sampai jungkir balik- kayang di depan layar, tetap belum dapat ilham, perlu refreshing, so mari kita hunting ke...... kebun binatang ! Kembang api? Kelamaan..

Jadi begitulah, dari pagi aku sudah ngedon di kebun binatang, sampai dikira penghuninya curiga.  

Aku tuliskan saja apa yang ada dibenak setelah melihat para satwa lucu menggemaskan ini (termasuk harimau-selama daku ada di jarak yang aman).

Pikir itu dengan penuh perasaan....

1. Kontemplasi jelang akhir hari

Ini tempatnya Orang Utan Kalimantan (Pongo Pygmaeus Pygmaeus). Satwa, yang dilindungi karena populasinya cenderung turun. Ia  punya ciri khas berlengan panjang dengan bulu cokelat atau kemerahan, kaki pendek dan tidak berekor.  Mereka hidup di hutan tropis Indonesia dan Malaysia, yaitu pulau Kalimantan dan Sumatera.

Saat aku zoom in, ekspresi Orang Utan ini, hati langsung tersindir tergugah.

Inspirasi Resolusi : aku perlu banyak kontemplasi, apakah dalam satu hari ini sudah banyak berbuat baik? Atau hanya melakukan hal-hal sia-sia? Berapa list what-to-do yang berhasil dicoret? 

Emak : "Paaaak, belanjaan kita disana gimana...! Blahblahblahblah..."   Bapak :  {{Hmmmm........foood....}}.

2. Belajar lebih banyak mendengarkan

Ini adalah Beo/mamiang/tiong emas (Gracula Religiosa), burung ini pintar banget menirukan suara manusia. Karena itu ia sering dipelihara, sampai banyak rekaman kicauannya di dunia maya.

Aku, lagi-lagi tertohok di depan kandang para peniru suara ini. Diantara mereka ada yang bawel abis dan ada yang pendiam juga (fokus cari makanan).

Inspirasi Resolusi : Jangan-jangan selama ini aku lebih banyak bawelnya daripada mendengarkan? Bila mendengarkan pun, apakah sudah benar-benar mendengarkan

Ah ini agak susah...😂

 
Aku adalah batang kayu mengapung, wahai makan siangku yang lezat..

3. Santai & sabar mengerjakan sesuatu

Jumpa dengan buaya muara/buaya bekatak (Crocodilus Porosus). Sesuai namanya, ia senang hidup di daerah muara-muara. Aktif, baik siang maupun malam hari. Namun ketika perut kenyang mereka suka tidur dan bermalas-malasan di air. Asal jangan hilang waspada saja, karena selain doyan air payau mereka juga doyan menyerang manusia bila kita memasuki wilayahnya! Jurus serangan mereka bisa horizontal maupun vertikal. Lompatannya pun kuat, seperti di film kung fu.

Melihat pose santai ala-ala stealth mode-nya sang buaya, menakjubkan. Karena bila di alam liar, kita tidak benar-benar tahu apa yang dia rencanakan! Umumnya ini cara sabar menunggu mangsa yang lengah masuk ke air.  Dan HAP HAP HAP. Gone. 

Inspirasi Resolusi : selama ini lebih banyak hebohnya dalam melakukan kewajiban. Aku juga harus lebih banyak sabar saat mengincar obyek foto. Kadang baru menunggu satu jam saja bawaannya sudah belok, kepingin nyegat tukang baso lewat.

{{Blablablabla}} Zzzzz..... biarlah apa kata dunia ...

4. Woles, orang lain berkomentar apa

Menuju wilayah Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae). Satwa dengan loreng-loreng khas ini adalah subspesies harimau terakhir di Indonesia. Mereka juga hewan yang doyan makan durian. Sama seperti buaya, kalau kenyang lebih baik tidur siang.

Kulihat harimau ini hanya bobo manis di pojokan, sesekali menggeliat. Tidak terpengaruh saat jadi tontonan banyak orang. Beberapa orang terdengar kecewa karena berharap dapat gambar selfie gagah bersamanya, yang bisa diposting di medsos. Mereka berseru-seru memanas-manasi. Tapi sang raja hutan tak bergeming, tampak terbiasa. Mungkin punya prinsip manusia berteriak, harimau berlalu.....

Inspirasi Resolusi : Do not fear of missing out. Sometimes ignorance is a bliss.  Menerima kritik itu OK, tapi jangan membuat itu jadi malas berkarya. Ada yang bisa jadi masukan dan ada yang tidak perlu didengarkan.


Tidur pulas setahun, alternatif lain dalam menghabiskan jelang tahun baru...

5. Istirahat yang cukup

Beruang madu/ Sun Bear (Helarctos malayanus). Satwa yang berbobot sekitar 60 kg ini termasuk yang beratnya paling ringan diantara kawan-kawan beruang lain. Ia banyak dijumpai di daerah Asia Tenggara. Seekor makhluk malam, habitatnya terancam punah seiring dengan pengrusakan hutan hujan tropis. Beda dengan beruang lain walau suka leyeh-leyeh tapi dia tidak ada masa hibernasi.

Melihat mereka yang pagi-pagi tetap bergelimpangan di gua, aku jadi teringat, selama ini tidurnya sudah cukup nggak, ya?

Inspirasi Resolusi : Hidup lebih teratur dengan tidur yang cukup. Karena hutang tidur itu tidak bisa digantikan oleh apapun. Dan kurang tidur itu tidak baik buat kecantikan. Cie. 



Setelah selesai nonton Spiderman dengan sumringah mereka.....

6. Lihat dari sudut pandang berbeda!

Jerapah/ zarafah (Giraffa camelopardalis) yang ada di kebun binatang ini aslinya adalah satwa yang hidup di Afrika. Namun mereka didapat dari pertukaran satwa dengan Taronga Zoo, Sydney Australia (setelah koleksi Jerapah terakhir disini meninggal karena usia tua). Sepasang Jerapah ini bernama Dirgah dan Ayuri. Mereka suka sekali saling berdekatan dan sangat fotogenik.


Sebagai hewan tertinggi di dunia, mereka pasti memiliki sudut pandang berbeda dengan kita. Mungkin kita terlihat seperti kurcaci. 

Inspirasi Resolusi : Harus lebih banyak melihat segala persoalan dan hasil karya dari berbagai sudut pandang. Kebiasaan memaksakan satu sudut pandang saja akan membuat diri menjadi keras dan ide jadi mentok, lalu juga bisa jatuh oleh rasa tinggi hati.



Gaya fotogenik mencari pasangan....supaya bisa jadi "sepasang merpati"

7. Don't judge the book by its cover

Burung Merpati/Burung Dara/Domestic Pigeons (Columba Domestica) ini paling banyak ditemukan di Indomalaya dan Ekozone Australia. Merupakan burung yang populer di kalangan manusia karena memiliki banyak fungsi, dari balapan, peliharaaan, sampai tukang pos. Bahkan di London satwa ini digunakan untuk mengontrol kualitas udara kota (Pigeon Air Patrol).

Kalau kuperhatikan dibanding aves lain yang lebih "semarak", merpati penampilannya biasa, cenderung plain, dan sangat sederhana. Namun siapa sangka ya, kegunaannya lebih banyak dari yang lain?

Inspirasi Resolusi : Menjauhi sikap meremehkan segala sesuatu ataupun seseorang. Karena semua ciptaan pasti memiliki sejarah dan keahlian yang mengagumkan. Termasuk yang belum tergali.


---------------

Sebetulnya masih banyak satwa lain yang luar biasa menarik. Tapi sementara cukup itu dulu. Kalau kebanyakan malah resolusinya nggak ingat kan ya? Hahahaha...*pengalaman*

Selamat tahun baru!

Apa inspirasi dan harapanmu di tahun baru? Semoga tercapai, ya...

No comments:

Post a Comment

Instagram